Jumat, 09 Februari 2018

PENGALAMAN OPERASI CAESAR CITO (SC)

Trauma gak melahirkan secara SC?

Jawaban nya ENGGAK sama sekali :)
Karena saat pertama kali menjalanin dan merasakan persalinan dengan operasi caesar saya merasa sangat berkesan, malah rasanya mau ngelahirin lagi dan lagi hahaha (itu sih doyan yah wakakakak). Abis jujur ENYAK :P

Saya tau semua proses persalinan mau normal ataupun SC masing-masing punya kesan tersendiri.Tinggal bagaimana diri kita sendiri menikmatinya.
Alhamdulillah saat SC kemarin saya mendapat dokter anastesi yang cozy banget (tsah elaaah cozy, macam anak zaman now bahasanya wkwkwk). Dokter Anastesi nya namanya Dr. Harry Pahala Siregar, Sp. An.

3 jam sebelum operasi dilaksanakan, saya di visit terlebih dahulu oleh dokter Harry, mungkin semacam perkenalan biar akrab #lah hehe. Gak deeeng, jadi dokter Harry nya kenalan sekalian nanya punya riwayat operasi apa dan ngejelasin SOP nya anastesi di ruang operasi nanti. Terus tulang rusuk nya di cek gitu buat penepatan jarum bius nya. Kalo saat itu yang saya rasain kok enak ya, macam di pijet refleksi dan spontan saya ngomong ke dokternya "duh dok enak kaya dipijetin, kebetulan saya lagi pegel dok bagian tulang situ tuh, bener dok enak hehe" wkwkwkwk dan si dokter jadi ketawa dong yaa saya tiba-tiba ngomong gitu hahaha...(kemudian suasana cair dan dokter ikutan ngelawak) hahaha yah namanya ngadepin pasien doyan ngeludruk ya gini deh hahaa. Intinya kata dokternya "jangan tegang, rilex ajaaah" heheehe.

Tibalah pukul 15:00 wib.
Deg degan? BANGET CING. Haha
Mana suami centil banget pake keluar RS buat ngerokok, dicariin papa saya pun gak ketemu-temu bak ditelan bumi. Makin panik lah eykeee dong yaaaa!

Akhirnya saya berbaring di tempat tidur yang menghantarkan saya ke ruang operasi, di dampingi oleh mama papa dan keponakan saya + zusteer.
Pas di lt.3 di depan ruang OP eh nongol tuh suami saya hahaha, rasanya masih pengen sempetin ngomelin sih saat itu, tapi yasudah lah yang penting suami saya sudah ada saya tenang. 

Minta maaf dulu ke mama papa biar lancar operasi nya sehat dan selamat saya serta bayi saya. Drama nangis bombay pun terjadi hahaha. Alhamdulillah suami bisa masuk di dalam ruangan sebelum ruang operasi benerannya. Disitu saya kembali di pastikan data-data saya oleh suster kamar operasi, dan setelah semua data valid saya pun bergegas didorong ke ruang eksekusi. Deuh rasanya campur aduk, gak rela berpisah sama suami. (crying)

Ketika saya didorog ke ruang eksekusi sesungguhnya muncul lah bruder (perawat laki-laki) & zuster (perawat perempuan) asisten dokter anastesi. Bah jujur itu bruder nya guanteng brewokan arab-arab gitu cyyn... langsung deh cepet-cepet cium suami terus balik fokus ke bruder nya wakakaka. Dan suami saat itu diminta untuk berbicara 4 mata dulu oleh dokter obgyn kesayangan saya (dr.erick) tentang resiko-resiko yang bisa terjadi saat tindakan operasi tersebut. 

SAMPAI di dalam ruang tindakan operasi.
Mulai lah saya dipindahkan ke meja operasi yang ukurannya sempit gak selebar kasur RS. Yah macam ayam mau di cincang cincang lah wakakaka.
Mulai deh dipasang segala macam infus, terus kabel-kabel manjah ke dada saya untuk memantau denyut nadi, selang oksigen dll lah pokoknya. 
Abis itu saya diminta untuk duduk, dan masih sempet-sempetnya itu kontraksi dateng lagi, hadeuh... akhirnya dokter dan zusteer bruder nungguin saya ilang dulu kontraksi nya deh hahaha, lalu mulai deh si dokter anastesi mijet-mijet tulang rusuk (di teken teken gitulah mungkin dicari posisi yang tepatnya), dokter Harry pun bilang "enak ya bu ya kaya dipijet ya" , jawab saya "iya dok enaak", terus si bruder ganteng tadi setia mendampingi manjah di sebelah kanan saya megangin bahu saya wakakakak. 

Perasaan saat itu apa? PASRAH, pokonya secepetnya deh keluarin anak gue, gue udah engaaap ama peruttttt inih. Hehe

Jarum bius pun sudah tertancap, awalnya sih saya kaget dan langsung terasa pegal-pegal tulang rusuk nya. (Yah namanya juga di suntik cyn wkwkwk) setelah itu merasakan kaki mulai kesemutan, makin kesemutan dan tiba-tiba coba di angkat udah gak bisa macam gak punya tenaga wkwkwk alias udah kebas shaaay. 

Tapi bruder nya bilang, "ini bius nya cuma menghilangkan rasa sakit ya bu, untuk rasa seperti di goyang goyang akan tetap terasa". Dan bener aja loh perkataannyaa...hahaha 

Akhirnya dokter erick pun sudah masuk keruang tindakan setelah berbicara 4 mata ke suami saya, lalu muncul tim yang lain, lalu muncul dokter spesialis anak (DSA) request-san saya yaitu Dr Jeanne Roos Tikoalu,Sp.A, IBCLC. (International Board of Consultant Lactation Certified).

Selama tindakan operasi yang saya rasakan cuma badan saya digoyang-goyang, lalu saya pun menggigil (yah tau kaaaan dingin nya ruang OP gimana, harus dingin karena jangan sampai ada keringat yang jatuh keluka bedah, ceritanya tau karena pas Tugas Akhir nya ngerancang bikin Rumah Sakit wkwkwkwk). 
Gigi mulai beradu, gak kuat sama dinginnya akhirnya bilang deh ke brudernya kalau saya kedinginan (jadi dokter anastesi dan 2 asisten nya standby di belakang kepala saya untuk memantau biusan, layar monitor jantung, infusan, dll sesuai jobdesk nya lah) zuster dan bruder pun dengan sigap memakaikan saya plastik hangat di dada saya (macam ayam potong siap di oven cuy hahaha).

Setelah dihangatkan dengan plastik khusus itu lumayan badan jadi hangat gak terlalu menggigil. Atau mungkin karena si ganteng bruder itu ada disamping saya...yaaaa beda-beda tipis lah hahaha.
Kemudian yang dirasa ngantuk dan haus, gak sabar denger tangis baby M. 
Setelah beberapa lama badan berasa di goyang-goyang macam odong-odong glongongan, saya pun mendengar dokter erick meminta tim anastesi yang di belakang saya untuk membantu mendorong perut saya ke arah bawah. Saya makin genceer dzikirnya plus baca bacaan ayat kursi dan surat-surat pendek Al-Quran. 
Sekuat tenaga deh tuh zuster ngedorong dibantu bruder lalu terdengar "eyaaa eyaaa eyaaaa" anakkuuuuuuuuu.... 

Saya sontak mengucap "Anaakkuuu, AllahuAkbar...AllahuAkbar....alhamdulillah", bruder membisikkan saya "selamat ya bu anaknya udah lahir dengan selamat", dilanjutkan dengan ucapan dari tim lainnya. Haruu banget, moment ini dibikin makin tambah mewek dikasih ucapan dari para tim operasi diruangan itu. 


Lalu dokter erick pun berbicara ke saya dari balik tirai yang menutupi pandangan saya ke arah perut. "Bu, ini ari ari nya mau di gunting, bismillah ya bu.." , saya jawab dengan nada samar "iya dok, bismillah" lalu baby M langsung ditaruh di meja eksekusinya untuk dibersihkan. 
Saya melihat kesamping saya dari kejauhan baby M sedang di elapin, di sedot cairan2nya, dll. 
Baby M merah bangeeeet waktu lahir, alhamdulillah bersih banget juga padahal gak pernah minum air kelapa ijo (so itu MITOS ya!) terus rambutnya juga tebal lagi-lagi saya juga gak pernah makan kacang-kacang (MITOS lagi), tangis nya kenceng pula. ALHAMDULILLAH.

Selesai di bersihkan, baby M pun IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Baby M di taruh di dada saya selama 10-15 menitan, legaa banget deh setelah bisa liat rupa baby M terlahir sehat sempurna tanpa kurang satu apapun. Setelah di IMD baby M di bawa keruang observasi. Dan saya masih disitu sambil menunggu dokter erick menjahit perut saya. Yang tersisa hanya bunyi denyut jantung saya di layar monitor persis kaya di film film hahahaa. 

Saya pun mulai mengantuk berat, maklum sejak rembes ketuban jam 2 pagi belum tidur bener-bener sampai operasi itu. Akhirnya saya milih memejamkan mata saya saat itu. 

Kemudian dibangunkan oleh zuster dan bruder serta diberitahu bahwa operasi telah selesai. Saya masih celeng karena ngantuk, dan nyempetin bilang terimakasih ke team "makasih ya semuanya, duh sus nikmat banget, badan saya berasa enteng, gak berasa beban apa2, beban pikiran juga gak ada, ini bener2 bagian ternikmat dalam hidup saya, baru kali ini saya ngerasain hidup kok tanpa beban banget sus...nikmaat" zuster nya malah ketawa saya ngomong gitu wakakakak. 

Segala alat2 kabel manjah yang tertempel di badan saya mulai dicabuti, lalu saya dipindahkan kembali ke tempat tidur perawatan dan dibawa ke ruang observasi selama 60 menitan kalo gak salah. 

Lalu zuster memanggil suami saya untuk menemui saya. Dan ternyata diruang tunggu ruang operasi pihak keluarga saya pada gak ada dong yaaa :'( mereka masih pada asik ngeliatin baby M diruang lainnya. Sediih seketika saya dilupain wkwkwwk. Tapi akhirnya suami saya pun muncul, saya lalu bercerita tentang pengalaman selama di dalam ruang operasi. Suami saya bersyukur sekali istri dan anaknya sehat dan selamat.


GIMANA RECOVERY PASCA OP?
2 kata, SPEED RECOVERY. 

Gak se-HOROR apa kata orang-orang tentang ngelahirin saecar.
Yang katanya......abis operasi sembuhnya lama, sakit banget juga, gak bisa ngurusin anak, nanti keloid bla-bla-bla.
Tapi sesuai pengalaman ku, ALHAMDULILLAH.
Masa recovery cepet banget, 24 jam pasca OP emang gak bisa ngapa-ngapain selain aktivitas di tempat tidur, itupun karenaaaa...KATETER masih kepasang cyn...baru bisa di buka 24 jam pasca operasi. Jadi waktu itu saya cuma bisa miring kiri miring kanan sambil nyusuin Mikha. 
Setelah 24 jam, kateter di copot. Saya mulai latihan duduuk dan jalan. Emang sih pas posisi dari duduk ke berdiri itu rasanya JUARA perih luka sayatan (macam keiris pisau), wajarlah ya sakit namanya juga ada luka. Tapi sakitnya cuma pas proses bangun dari duduk tok, abis itu udah ilang gitu aja sakitnya. 

Belajar jalan.
Langsung bisa jalan, walau masih bungkuk megangin perut. Padahal mah tegapp-tegap aja gak masalah wkwkkw, saya aja yang lebay mungkin kala itu hahaha. Yang dirasa saat jalan ? otot-otot perut masih berasa tegang nya cyn. Yahhh namanya juga abis ada beban segitu berat (janin,placenta,air ketuban, dll) terus dikeluarin ya wajar aja agak tegang gimana gitu sis. Sorenya sih akika udah bisa wara wiri dikamar wkwkwk.

Selama di RS sih mandi masih di mandiin suami, begitu juga tiap ganti pembalut nifas, masih suami yang gantiin. Hehe masalahnya saya masih kepasang selang infusan untuk obat perangsang kontraksi rahimnya pasca persalinan. Jadi abis lahirin itu kata dokter Erick WAJIB rahim itu kontraksi, kalau gak kontraksi bahaya bisa pendarahan di dalam. 

Hari ke-4 Alhamdulillah saya dan Mikha (Setelah dicheck darah lengkap) sudah diperbolehkan pulang. Ganti perban awalnya deg-degan, tapi kenyataannya gak ada rasa apa-apa, wkwkwk sengke! hehe, saya akhirnya checkout RS pukul 20.00 wib, agak sedih sih ninggalin RS hehe, gue sama suami terlanjur betah cuy wkwkwk. Aseli homey banget tuh RS... uduww...

Hari ke-5 dirumah dan seterusnya alhamdulillah saya bisa mengurus Mikha seorang diri...dari ganti pampers, jemur mikha, dll. Gak butuh waktu lama buat penyesuaian pasca OP dirumah.

Terimakasih MIKHAYLA AZZAINA SALAISHA HERBOWO sudah memilih jalan lahir sesuai yang Mikha inginkan. Banyak cinta kasih untuk MIKHA...

 

1 komentar:

  1. mbak boleh tau brp biaya melahirkan sc di pspi puri waktu itu ? makasi sebelumnya ya mbak :)

    BalasHapus